KIA (KArtu Identitas Anak)
Pelayanan KIA (Kartu Identitas Anak) ke Sekolah-sekolah

By disdukcapil 16 Sep 2019, 15:15:55 WIB Pelayanan Pendaftaran Penduduk
KIA (KArtu Identitas Anak)

Keterangan Gambar : Penyerahan KIA (Kartu Identitas Anak)


         Dalam rangka memberikan identitas diri kepada anak-anak, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Solok pada saat ini sedang melakukan pelayanan pencetakan KIA (Kartu Identitas Anak) ke Sekolah-sekolah dan sekaligus melakukan pendataan terhadap anak-anak yang masih belum memiliki dokumen akta kelahiran sesuai dengan :

1. PERMENDAGRI  REPUBLIK INDONESIA NOMOR 9 TAHUN 2016 TENTANG PERCEPATAN PENINGKATAN CAKUPAN KEPEMILIKAN AKTA KELAHIRAN.

  • Bahwa pada hakekatnya Negara berkewajiban memberikan perlindungan dan pengakuan terhadap penentuan status pribadi dan status hukum setiap peristiwa kelahiran yang dialami oleh penduduk termasuk perlindungan terhadap hak anak yang berada di dalam dan/atau di luar wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam bentuk akta kelahiran.
  • Bahwa kepemilikan akta kelahiran sebagai wujud pengakuan Negara atas identitas anak masih rendah, sehingga perlu adanya percepatan dalam kepemilikan akta kelahiran.

2. PERMENDAGRI NOMOR 02 TAHUN 2016 PASAL 1 AYAT (7) TENTANG KIA (KARTU IDENTITAS ANAK)

  • Bahwa pada saat ini anak berusia kurang dari 17 tahun dan belum menikah tidak memiliki identitas penduduk yang berlaku secara nasional dan terintegrasi dengan Sistem Informasi dan Administrasi Kependudukan.
  • Bahwa Pemerintah berkewajiban untuk memberikan identitas kependudukan kepada seluruh penduduk warga Negara Indonesia yang berlaku secara nasional sebagai upaya perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga Negara.
  • Bahwa pemberian identitas kependudukan kepada anak akan mendorong peningkatan pendataan, perlindungan dan pelayanan publik untuk mewujudkan hak terbaik bagi anak.



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Jejak Pendapat

Apakah isi website ini dapat membantu anda?
  Kurang Membantu
  Cukup Membantu
  Sangat Membantu

Komentar Terakhir

  • rudi

    ktp saya hilang bagaimana cara mengurusnya kembali ? @bapak Rudi : Untuk pengurusan ktp ...

    View Article
  • Yunita

    Assalammu'alaikum.. Yth disdukcapil kab solok.. saya yunita, ktp (nagari saniang ...

    View Article
  • yalla shoot

    Acara tersebut dibuka langsung oleh Bupati Solok Bapak Gusmal SE, MM dan diikuti ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video