PELAYANAN KETUK PINTU DAN YANG TERLUPAKAN

PELAYANAN KETUK PINTU DAN YANG TERLUPAKAN

disdukcapil 16 Agu 2018, 16:54:32 WIB Pemerintahan

Keterangan Gambar : Perekaman KTP elektronik Ketuk Pintu Niniak Saana 15-08-2018

Dalam rangka meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Solok merancang beberapa menu pelayanan. Salah satu menu tersebut adalah Pelayanan Ketuk Pintu. Pelayanan Ketuk Pintu ditujukan kepada masyarakat Kabupaten Solok yang tidak sanggup melakukan perekaman KTP elektronik ataupun dokumen kependudukan yang lainnya. Secara teknis petugas dari Disdukcapil ataupun operator Disdukcapil di Kecamatan melakukan pelayanan dengan datang langsung ke rumah-rumah masyarakat yang telah dilaporkan atau diketahui tidak sanggup melakukan pengurusan dokumen kependudukan atau perekaman KTP elektronik karena sudah,tua, sakit ataupun memiliki keterbatasan fisik.

Salah satu contoh Pelayanan Ketuk Pintu yang dilaksanakan adalah kepada warga masyarakat Jorong Batu Bagantuang, Nagari Batu Bajanjang, Kecamatan Tigo Lurah pada tanggal 15 Agustus 2018. Niniak Saana, begitu beliau dikenal. Wanita renta ini sudah tidak sanggup untuk pergi melakukan pengurusan dokumen kependudukan sendiri, Niniak Saana lahir pada tahun 1920 anak kelima dari lima bersaudara dan suami beliau sudah meninggal dunia, sedangan kami tidak dapat menemukan anak-anak beliau dan menurut pengakuan tetangga juga sudah meninggal. Sekarang tinggalah Niniak Saana sebatang kara dalam gubuk tua yang rapuh dan tanpa penerangan listrik. Untuk menuju rumah Niniak Saana kami harus menempuh jarak yang lumayan jauh dan menaiki tangga yang lumayan banyak yang rasanya mustahil bagi lansia diusia beliau untuk melewatinya.

Saat kami datang bersama Kepala Jorong Batu Bagantuang datang ke gubuk Niniak Saana, beliau didapati dalam keadaan sakit dan melakukan semua aktifitas di tempat tidur. Menurut keterangan Niniak Saana, beliau hanya tinggal sendiri dan aktifitas lainnya dibantu oleh para tetangga. Untuk melakukan perekaman KTP elektronik, kami juga harus menumpang dari listrik tetangga. Akhirnya perekaman KTP elektronik Niniak Saana dapat dilaksanakan dengan baik. Mungkin ditempat lain masih terdapat Niniak Saana lainnya yang masih belum bisa kami layani, kami juga berharap seluruh masyarakat membantu kami memberikan informasi jika disekitarnya masih ada Niniak Saana yang lain. Kami berharap dokumen kependudukan yang kami terbitkan untuk Niniak Saana dapat membantu beliau untuk mendapatkan uluran tangan yang lainnya. Amin..(ry)

Komentar Dari Facebook

Berikan komentar