Menu Pelayanan Terbaru

Menu Pelayanan Terbaru

disdukcapil 14 Agu 2018, 11:35:47 WIB Pemerintahan

Keterangan Gambar :

Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan terhadap masyarakat Kabupaten Solok, maka Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Solok meluncurkan menu pelayanan baru dengan moto Dukcapil MESRA  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Melayani dengan Senyum, Ramah dan Adil.  Sepuluh menu pelayanan administrasi kependudukan tersebut terdiri dari:

  1. SIJARLA Pelayanan Sistem Kejar Bola”. Pelayanan administrasi kependudukan ke Nagari yang memiliki akses jaringan internet. Pelayanan SIJARLA melayani seluruh administrasi kependudukan dan bisa langsung cetak dokumen ditempat dengan menggunakan mobil pelayanan keliling.
  2. PATAS Pelayanan Akses Terbatas”. Pelayanan administrasi kependudukan ke Nagari yang tidak memiliki akses jaringan internet. Pada pelayanan ini petugas Kabupaten mendatangi Nagari yang tidak memiliki akses jaringan untuk mengumpulkan bahan, melakukan perekaman KTP-El dan seminggu kemudian mengirimkan dokumen kependudukan masyarakat yang telah jadi ke kantor Wali Nagari, sementara untuk aktivasi KTP-El bisa dilakukan di kantor Camat setempat.
  3. SIMANJA KOLA  “Sistem Pelayanan Jemput Bola ke Sekolah”. Pelayanan administrasi kependudukan dengan mendatangi sekolah untuk melakukan perekaman dan pencetakan KTP-El bagi siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat dan Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat.
  4. KETUK PINTU Pelayanan administrasi kependudukan oleh petugas/operator Kecamatan dengan mendatangi langsung rumah penduduk/masyarakat, disamping itu petugas/operator juga melakukan pelayanan di Nagari.
  5. LAGI SYANTIK Layanan administrasi kependudukan untuk masyarakat Difabel dan memiliki keterbatasan fisik. Pada layanan ini petugas akan mendatangi rumah penduduk atau memberikan layanan khusus untuk masyarakat yang datang ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Solok dalam hal memberikan layanan administrasi kependudukan.
  6. GO Dukcapil Gerakan Online Dukcapil”. Pelayanan administrasi kependudukan yang masyarakatnya mengirim bahan lewat WA atau email dan saat dokumennya siap cetak maka petugas akan menginformasikan kepada masyarakat untuk mengambil dokumen sekaligus membawa kelengkapan bahannya tanpa melalui proses antrian.
  7.  SIJAIM Sistim Kerjasama Informasi Penduduk”. Pelayanan pemanafaatan data administrasi kependudukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil oleh SKPD lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Solok.
  8. PAK ALIPUR  “Paket Akta Kelahiran Dibawa Pulang Tanpa Diurus” Pelayanan kerjasama Dinas Dukcapil dengan Rumah Sakit dan Dinas Kesehatan (Puskesmas) dalam hal pengurusan dokumen kependudukan (KK, Akta Kelahiran dan KIA).
  9. Online GatewayLayanan Informasi dan Pengaduan Dinas Dukcapil Kabupaten Solok
  • Website http://disdukcapil.solokkab.go.id
  • Whatsapp 082143820629
  • FB. Dukcapil Kab. Solok
  • Email. disdukcapil@solokkab.go.id / disdukcapil1302@gmail.com
  • SMS gateway 081374420284

Menu Pelayanan ini akan diluncurkan pada tanggal 17 Agustus 2018 bertepan dengan peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 73, dan secara efektif dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus 2018. Dengan semangat perjuangan yang masih diwariskan oleh para pejuang kita yang terdahulu, mari kita sukseskan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan. (rh)

 

 

 

Komentar Dari Facebook

Berikan komentar